Obesitas pada ibu hamil

Obesitas adalah kondisi kronis di mana terdapat jumlah lemak tubuh berlebihan. Sejumlah tertentu lemak tubuh diperlukan untuk menyimpan energi, menginsulasi panas, meredam goncangan, dan fungsi lainnya.

Obesitas yang terjadi saat kehamilan terjadi karena pola makan yang tidak terkendali. cara makan yang salah membuat terjadi penumpukan kalori pada tubuh dan berujung pada kegemukan. 

Ada sebagian ibu hamil yang termakan mitos selama hamil, makan untuk berdua. Mereka pun makan dengan porsi berlebih, dan tidak membatasi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini terkadang diperparah bila Ibu Hamil tersebut memanjakan diri untuk kurang beraktifitas selama masa kehamilan. Akibatnya terjadi kegemukan. 

Memang, menjalankan diet  atau pembatasan asupan nutrisi bagi ibu hamil yang obes memang tidak dianjurkan. Di satu sisi, ibu hamil memerlukan nutrisi lebih dibanding sebelum hamil untuk menunjang tumbuh kembang janin, sementara kenaikan berat badan berlebih juga bukan merupakan hal yang baik bagi ibu yang sedang hamil. Ketika istri saya hamil, kita konsultasi kepada salah satu Dokter Kandungan di Semarang. Beliau berkata bahwa normalnya BB badan ibu hamil naik di kisaran 10 kilogram. Namun faktanya di masa kehamilan, banyak ibu hamil yang berat badan nya melonjak sampai 20 kilogram.

Untuk menghindari obesitas dan bahaya ketika persalinan sebaiknya, enjalani pemeriksaan rutin. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan di trimester pertama, yakni dengan pemeriksaan gula darah, tekanan darah dan pengukuran berat badan. Pemeriksaan diulangi lagi di trimester ketiga untuk mengetahui apakah Anda berisiko terhadap diabetes atau hipertensi.

Membatasi asupan kalori. Coba siasati cara mengolah makanan. Misalnya, makanan diolah dengan cara digoreng atau ditumis agar penggunaan minyak dapat dikurangi. Bisa juga dengan menggunakan produk nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Saya merekomendasikan Herbalife Shake untuk tambahan nutrisi bagi ibu hamil, karena Nutrisi ibu hamil dan menyusui ini memiliki kandungan tertinggi protein yang berfungsi untuk pertumbuhan sel janin dan mengandung protein nabati yang bersumber dari kedelai organik untuk pertumbuhan tulang yang lebih baik dibandingkan dengan kalsium hewani. Selain itu Shake juga dapat menjadi cemilan yang sehat ketika lapar daripada harus mengkonsumsi makanan yang kurang sehat seperti gorengan atau kripik.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s